Monday, April 26, 2010

Layanan Roaming International BlackBerry dari Smart

Smart Telecom yang jug sebagai operator CDMA BlackBerry Indonesia beberapa hari lalu meluncurkan layanan Roaming International pertamanya. Layanan Roaming International ini pelanggan Smart dapat menikmati layanan telepon dan SMS di jaringan 520 operator GSM di 214 negara. Sedangkan khusus untuk pelanggan data internet dan BlackBerry Internet Service BlackBerry Tour, pengguna dapat menikmati layanan ini di 172 negara dengan 383 operator.

Pengguna dapat mendaftarkan perangkat BlackBerry-nya melalui Galeri Smart mulai tanggal 20- 30 April 2010. Smart Telecom akan menyediakan Removable User Identity Module (RUIM) khusus saat pelanggan mendaftarkan BlackBerry-nya dan jika sudah dimasukkan ke slot GSM, pelanggan bisa mengaktifkan kartu tersebut sesampainya di negara tujuan. Sayangnya pendaftaran untuk sementara hanya diprioritaskan bagi pelanggan VVIP, seperti para pejabat, eksekutif penting, yang profilnya tersimpan di database Smart, dan hanya untuk BlackBerry Tour resmi dari Smart, sedangkan untuk tipe lainnya atau perangkat non-resmi masih belum bisa. Tetapi mulai 1 Mei 2010, Smart akan mulai membuka pendaftaran layanan Roaming International untuk pelanggan Smart lainnya. Pada saat pendaftaran pelanggan harus mendepositokan uang sebesar Rp 1 juta sebelum bepergian ke negara tujuan, seperti yang biasa dilakukan oleh operator BlackBerry Indonesia lainnya.
BlackBerry Indonesia
Smart menyadari bahwa potensi pasar untuk layanan barunya ini tidak terlalu besar, karena sudah ada operator lainnya yang sudah lebih awal menawarkan layanan Roaming International pada pengguna BlackBerry. Tetapi mereka masih tetap optimis layanan barunya ini menjanjikan. Setidaknya masih bisa melengkapi layanan komunikasi Smart, terutama di lingkup International. Selain itu dengan adanya layanan Roaming International dari Smart ini, memberikan sebuah pilihan baru bagi para pengguna BlackBerry Indonesia yang menggunakan handset BlackBerry Tour sebagai alat komunikasi dan perangkat kerja mereka baik di dalam negeri maupun yang sering bepergian ke luar negeri. Dengan layanan ini mereka dapat mengurangi budget yang harus mereka keluarkan untuk berkomunikasi di luar negeri, dan itu merupakan sebuah nilai lebih yang didapat pelanggan dari layanan ini.

No comments:

Post a Comment