Monday, September 19, 2011

Telepon Gratis BlackBerry via MVS ( Mobile Voice System)


Teknologi terbaru dari RIM akan hadir bagi pengguna BlackBerry, dan mengijinkan para pengguna BlackBerry untuk dapat menerima dan melakukan panggilan telepon dengan menggunakan Wi-Fi. Teknologi ini sangat berguna bagi anda yang sering berpergian, karena bisa menghemat biaya untuk menelpon.

RIM menyebut teknologi terbaru ini sebagi BlackBerry Mobile Voice System (MVS) 5. Menurut RIM teknologi tersebut baru bisa bekerja dengan infrastruktur PBX (Private Branch Exchange) Cisco Unified Communication Manager. Namun nantinya, RIM berupaya agar solusi ini bisa juga dipakai di sistem PBX lainnya.

Mungkin sebagian orang masi awam tentang aplikasi yang satu ini. Sebenarnya apa sih BlackBerry MVS ini? Mari kita simak lebih lanjut penjelasan di bawah ini.

Dengan layanan BlackBerry Mobile System 5 ini memungkinkan pengguna BlackBerry memakai satu nomor untuk menghubungkan ponsel BlackBerry dan telepon biasa melalui jaringan Wi-Fi. Beberapa fitur kuncinya adalah penyaring panggilan masuk, pengelolaan jaringan, seperti opsi berpindah dari jaringan Wi-Fi ke jaringan seluler dan sebaliknya dan serta pengontrol akses jaringan Wi-Fi. Dengan aplikasi BlackBerry Mobile System pengguna BlackBerry tidak akan dikenakan biaya untuk menelepon alias “FREE”.

Dalam teknologi MVS 5, software aplikasi yang tersedia akan bantu menghubungkan perangkat BlackBerry karyawan kantor dengan insfrastruktur PBX yang dimiliki perusahaan. Saat ini tersedia beberapa software untuk software BlackBerry Tour, software BlackBerry Pearl, software BlackBerry Storm, dan software BlackBerry Curve untuk jenis-jenis BlackBerry.

Telepon lewat WiFi ini akan diteruskan PBX ke nomor telepon yang dituju sehingga tarif panggilan yang dikenakan bisa dikontrol oleh perusahaan. Sebelumnya, panggilan telepon ekstensi kantor semacam ini cuma bisa dilakukan lewat jaringan seluler saja.

Beberapa perusahaan besar banyak yang menggunakan aplikasi ini, karena aplikasi ini memang sengaja dirancang untuk memenuhi kebutuhan korporat yang ingin kepraktisan sekaligus menekan biaya telepon. Di manapun karyawan berada, tarif panggilan tetap sama seperti menggunakan telepon kantor.

Blackberry MVS 5 akan tersedia mulai akhir tahun ini bagi seluruh perusahaan, baik skala kecil menengah (UKM) maupun perusahaan enterprise. RIM tak merinci berapa biaya implementasinya karena tergantung dari besarnya perusahaan dan jumlah sambungan yang diperlukan.

Teknologi RIM yang memanfaatkan jaringan WiFi sebenarnya tidak hanya bisa digunakan untuk menelepon saja. Namun WiFi juga bisa digunakan untuk banyak hal, termasuk oleh pelanggan retail non-korporat.

Akses WiFi yang tersedia, selain bisa digunakan untuk mengakses internet dan email, juga sangat berguna untuk komunikasi pesan instan menggunakan Yahoo Messenger, Google Talk, MSN Messenger, bahkan BlackBerry Messenger (BBM) meski sedang tidak terhubung ke jaringan operator.

1 comment:

  1. makasih gan infonya...kalo pake kakaotalk udah pernah nyoba lum? lumayan bagus juga gan

    ReplyDelete