Monday, September 26, 2011

Upgrade OS di BlackBerry Kesayangan Anda


Bagi Anda yang ingin meng-upgrade software BlackBerry milik anda, saya akan memberi tips bagaimana untuk meng-upgrade sendiri BlackBerry kesayangan anda ini. Sebelumnya, telah muncul banyak OS baru, namun anda harus dengan cermat melihat OS mana yang tepat untuk BlackBerry anda. Saat ini OS 6 adalah software yang masi hanya bisa digunakan untuk Bold dan Torch, untuk software BlackBerry Tour, software BlackBerry Pearl, software BlackBerry Storm, software BlackBerry Curve masi banyak yang menggunakan OS terdahulunya yaitu BlackBerry OS 5.

Untuk upgrade OS BlackBerry, silahkan siapkan ponsel BlackBerry anda, koneksi internet untuk proses download softwarenya, kabel usb bawaan BlackBerry serta komputer PC atau notebook dengan operating system Windows.

Pertama, silahkan download software BlackBerry OS terbaru yang anda inginkan dan simpan filenya. Anda bisa mengetahui versi OS di BlackBerry anda dengan cara klik ‘Options’ dari jendela Home dan pilih ‘About’, setelah huruf ‘v’ adalah versi BB anda, misal v5.0.0.442 berarti BlackBerry ini menggunakan BB OS 5.0.0.442. Biasanya Official Blackberry OS resmi akan disediakan oleh operator anda namun bila tidak disediakan anda bisa menggunakan OS resmi terbaru yang dikeluarkan oleh operator lain dengan syarat sebelum instalasi anda mesti men-delete XML file yang terdapat di program file windows,
‘Program Files’–>’Common Files’–>’Research In Motion’–>’AppLoader’, hapus file ‘vendor.xml’.
Bisa saja file ini tidak anda hapus asalkan bb anda sudah di-unlocked.

Kedua, download aplikasi Blackberry Desktop Manager (DM). Sangat dianjurkan untuk memakai BlackBerry Desktop yang terbaru.

Ketiga, mulai install. Silahkan close semua aplikasi yang berkaitan dengan Blackberry yang sedang berjalan di PC anda dan buka atau jalankan/launch file .exe Blackberry OS terbaru yang sudah anda download.

Installation Wizard akan muncul, klik ‘Next’, pilih negara anda, ‘Accept the terms of service’ kemudian klik ‘Next’ lagi. Setelah proses instal selesai di PC, anda akan diminta untuk memulai Blackberry Desktop Manager. Centang pilihan ini lalu klik ‘Finish’. Secara otomatis Desktop Manager akan terbuka, silahkan hubungkan ponsel blackberry anda ke pc melalui kabel usb. Seandainya setelah beberapa menit DM tidak terbuka berarti anda mesti menjalankannya secara manual.

Dalam beberapa saat DM software akan mencari device blackberry anda kemudian akan muncul box dialogue menanyakan apakah anda ingin meng-install upgrade terbaru/available-upgrades. Klik ‘Update Now’ dan akan muncul list aplikasi yang akan terpengaruh dari proses instalasi ini. Pastikan data anda ter-backup otomatis dengan mengeceknya di ‘Options’ dibagian ‘Data Preservation and Device Backup’. Pastikan itu sudah tercentang kemudian klik ‘OK’. Anda juga bisa menentukan aplikasi yang akan ditambah atau di-upgrade yang tidak masuk di default daftar aplikasi di Desktop Manager dengan mengklik tab ‘Advanced’.

Selanjutnya klik ‘Next’ lalu ‘Finish’, dan tunggu saat OS baru sementara di-install di blackberry anda. Mohon sabar karna proses ini akan cukup lama.

Cara upgrade ini bisa anda terapkan untuk device blackberry model apa saja. Asalkan anda mengikuti langkah-langkah ini, proses upgrade anda akan baik-baik saja.

No comments:

Post a Comment