Monday, October 24, 2011

WhatsApp Tantangan Besar Bagi BBM


Seperti yang banyak orang ketahui, Nokia sedang mengeluarkan program Internet unlimited yang dikatakan orang-orang sebagai rival berat BlackBerry, mengapa bisa begitu?
Program Internet unlimited kedengarannya sederhana. Namun, sebetulnya misi Nokia tidak sesederhana itu. Di dalamnya, raksasa vendor ponsel asal Finlandia itu menawarkan rival berat bagi BlackBerry Messenger yaitu WhatsApp.

WhatsApp bukan aplikasi instant messaging (IM) buatan Nokia. Ia merupakan aplikasi mobile messenger yang dapat berjalan di atas berbagai platform, termasuk OS BlackBerry, iOS, Android, dan ponsel Nokia berbasis Symbian60. Sama halnya dengan BlackBerry Messenger, WhatsApp menggunakan akses 3G atau Wi-Fi yang bisa mengirim dan menerima pesan, gambar, catatan suara, pesan video, dan bahkan lokasi Ovi Maps, semudah menggunakan SMS. Intinya jika Anda memilik WiFi smartphone maka aplikasi ini dapat digunakan oleh Anda.
Namun, WhatsApp berbeda dengan Yahoo!Messenger atau sejumlah aplikasi instant messenger yang ada saat ini. WhatsApp memanfaatkan nomor pelanggan sebagai username, bukan e-mail. Jadi, jika Anda mempunyai nomor telepon selular, baik Telkomsel, XL, Indosat, dan 3, Anda dapat menikmati aplikasi ini.

Nampaknya, ambisi Nokia untuk mencuri pangsa pasar BlackBerry Messenger (BBM) tidak main-main. Jika dibandingkan dengan BBM, tentu saja WhatsApp yang juga bisa berjalan di Android, BlackBerry, dan iPhone memiliki segmen lebih luas. Sebab, ke depan aplikasi ini akan menggantikan fungsi SMS.

"Kami ingin memperlihatkan sebuah dunia tidak memiliki batasan apapun dalam berkomunikasi, baik dari sisi perangkat, operator, dan platform," kata Andrea Facchini, marketing director Nokia Indonesia, di Jakarta, Jumat 8 April 2011.

Untuk merangkum, WhatsApp adalah aplikasi instant messaging yang berpeluang menjatuhkan aplikasi yang sangat panas di Indonesia yaitu BBM. Namun, apakah akan semudah itu? Karena perusahaan besar RIM juga tidak tinggal diam melihat keadaan ini terjadi. RIM sudah mulai meluncurkan BBM 6 yang memiliki fitur canggih menjadikan BBM sebagai platform jejaring sosial. Siapa yang menang masih sulit diprediksi dari sekarang.

RIM menyatakan saat ini ada 28 juta pengguna aktif BlackBerry Messenger di seluruh dunia dan tumbuh 1,5 juta pengguna baru setiap bulan. Dengan menyediakan akses BBM ke dalam aplikasi, RIM telah menciptakan jejaring sosial mobile yang sangat besar.

No comments:

Post a Comment