Monday, October 10, 2011

BBM Akan Dijadikan Platform Jejaring Sosial


BlackBerry Messenger (BBM) yang menjadi salah satu fitur andalan BlackBerry selama ini hanya dapat dipakai sebagai instant messenger antar pengguna BlackBerry saja. Namun, ke depannya, Research In Motion (RIM) memutuskan untuk menjadikannya sebagai platform jejaring sosial.

Co-CEO RIM, Lazaridis, menekankan bahwa BBM akan diarahkan menjadi platform layanan jejaring sosial yang semakin luas. Contoh implementasinya adalah diintegrasikan dalam aplikasi game sehingga pengguna BlackBerry dapat mengundang pengguna lainnya untuk bermain bersama dengan satu klik di aplikasi tersebut tanpa harus masuk ke layanan BBM.

Untuk para pengembang aplikasi akan disediakan API agar dapat memanfaatkan akses ke layanan BBM. Namun, belum ada pengumuman resmi kapan BlackBerry Social SDK akan tersedia bagi para pengembang.

Menurut pendapat penulis, pengembangan platform jejaring sosial ini akan terintegrasi pada aplikasi-aplikasi jejaring sosial yang sudah ada seperti BlackBerry FaceBook. Mungkin kedepannya, jika anda status update di facebook maka updatean tersebut akan muncul di BBM anda ataupun sebaliknya. Selain itu ada pula kemungkinan adanya facebook chat yang memungkinkan kita untuk melakukan instant messaging terhadap teman-teman facebook kita via BlackBerry.

RIM mengklaim saat ini ada 28 juta pengguna aktif BlackBerry Messenger di seluruh dunia dan tumbuh 1,5 juta pengguna baru setiap bulan. Dengan menyediakan akses BBM ke dalam aplikasi, RIM telah menciptakan jejaring sosial mobile yang sangat besar.
Untuk menambahkan, dengan adanya pengembangan ini, diperkirakan RIM kedepannya akan menciptakan ponsel BlackBerrynya dengan basis WiFi smartphone. Sebab, dengan adanya koneksi Wifi (yang pada umumnya lebih stabil dibanding sinyal ponsel), para pengguna ponsel BlackBerry dapat memilih konektifitas yang lebih cepat sehingga dapat memperlancar penggunaan platform jejaring social BBM ini.

Update terbaru mengenai platform jejaring sosial ini adalah dengan peluncuran BBM 6 oleh pihak RIM. Setelah berada di Beta Zona selama lebih 3 bulan akhirnya RIM resmi meluncurkan BlackBerry Messenger 6 (BBM 6) di App World. Fitur utama “BBM 6″ adalah mampu membuat pengguna BlackBerry terhubung satu sama lain (chatting, bermain game, download, dll).

Fitur BlackBerry Messenger 6 : Support BBM Social Platform (Invite Friends, Update User Profiles, Chat dan berbagi konten dari applikasi lain), pengiriman lokasi ke kontak BBM (deteksi cell tower / GPS) dengan pencarian custom dan sharing, mengirim event dan janji ke BBM contact, draft BBM message, updated support untuk pengiriman links, podcasts dan lokasi di BBM Groups, Pesan SMS dari kontak yang memiliki BBM dapat digabung menjadi satu, dan invite kontak melalui text messaging.

No comments:

Post a Comment