Monday, November 7, 2011

Yahoo Messenger dengan BBM Apa Sih Bedanya?


BlackBerry Messenger atau sering disingkat dengan BBM merupakan aplikasi pesan instant dalam ponsel BlackBerry yang sudah sangat terkenal di tanah air. Sedangkan Yahoo Messenger juga merupakan program pesan instant ternama dimana para pengguna juga bisa mengirim pesan instan ke sesama teman maupun keluarga.

Pengguna WiFi smartphone mungkin pernah bertanya; Apa yang membedakan antara BlackBerry Messenger dengan Yahoo Messenger ? Bukankah keduanya sama-sama merupakan instant messenger ? Lalu kenapa harus ada BlackBerry Messenger, kalau Yahoo Messenger saja sudah umum dan banyak orang yang menggunakan.

Walaupun sama-sama berfungsi sebagai aplikasi instant messaging (kirim-kiriman pesan instan, real time messaging), namun ada beberapa perbedaan sedikit diantara keduanya, yaitu :

BBM (singkatan dari BlackBerry Messenger) punya kemampuan untuk mengetahui aktivitas mendengarkan lagu teman anda sesama pengguna BBM. YM (singkatan dari Yahoo Messenger) tidak mampu melakukan hal ini. Jadi anda bisa mendownload lagu-lagu baru favorit anda melalui fasilitas BBM.

Field chatting BlackBerry lebih luas dibanding dengan Yahoo Messenger. Hal ini berpotensi 2 hal. Pertama, Pengguna BlackBerry bisa lebih sering mengirimi rekan-rekannya pesan-pesan berupa kata-kata bijak, kata motivasi, humor-humor segar atau informasi-informasi lainnya. Namun di sisi lain, hal ini juga berpotensi menimbulkan aksi penyebaran informasi palsu dan sesat ataupun tindakan spamming karena kirim pesan via BlackBerry Messenger bisa banyak dan gratis.

BBM menampilkan notifikasi apabila terjadi perubahan status anggotanya, sedangkan YM tidak. Cukup menarik melihat perubahan status teman-teman di BBM. Fasilitas Group di BBM memungkinkan anda untuk share item-item seperti gambar, task ataupun jadwal. Menjadikan group chatting anda lebih interaktif dan komunikatif.

Sekian beberapa perbedaan antara BlackBerry Messenger dengan Yahoo Messenger. Walau bagaimanapun juga tetap Yahoo Messenger menjadi aplikasi chatting yang umum dan banyak digunakan orang. Tapi kalau mau mencoba aplikasi Messenger baru yang punya fitur-fitur berbeda, bisa mencoba menggunakan BlackBerry Messenger. Tentunya anda harus mempunyai handset BlackBerryterlebih dahulu.

Dilihat dari nilai tambah BBM, BBM lebih memungkinkan untuk terbentuknya jejaring sosial karena BBM lebih banyak fungsi sharingnya atau fungsi berbaginya lebih banyak. Seperti berbagi musik, berbagi status anda saat ini, berbagi pesan-pesan instant. Di lain sisi, pihak yahoo hanya menggunakan Yahoo milist group untuk menggantikan fungsi ini. Namun, pada umumnya orang-orang jarang membuka email setiap saat.

No comments:

Post a Comment