Thursday, May 5, 2011

BlackBerry Tour 9630 VS Nokia E72 manakah yang lebih unggul

Ya, kita telah sering melihat artikel-artikel yang menuliskan perbandingan antara kedua Smart phone ini. Sebenarnya ponsel mana sih yang lebih jago ato lebih unggul ? Saya menulis artikel ini berdasarkan pengalaman saya memakai BlackBerry Tour 9630 selama kurang lebih 6 bulan dan pacar saya yang memakai E72. Saya akan mengulas semua keunggulan dan kelemahan dari kedua smartphone ini.

Di segi body, BlackBerry Tour 9630 lebih lebar tapi lebih tipis dibandingkan E72 yang dibungkus metal. Dan kedua smartphone GPS ini sama-sama mempunyai bobot 127.5 gram saja. Sangatlah ringan bukan? Baik BlackBerry Tour 9630 atau pun E72 sama-sama mengusung layar 2,4 inci, namun BlackBerry Tour 9630 lebih unggul karena dilengkapi dengan layar yang lebih terang. Ini jelas, karena pixel pada BlackBerry lebih besar daripada Nokia E72.

BlackBerry Tour 9630 memiliki kelebihan fitur keyboard QWERTY khas BlackBerry. Namun Nokia sudah mengejar di bidang ini dimana E72 memiliki tempat keyboard lebih lega berdasarkan desain dari model sebelumnya E71. Untuk navigasi, BlackBerry menggunakan trackball seperti yang digunakan pada model sebelumnya. Agak jelek memang BlackBerry yang menggunakan trackball karena selain mudah rusak, trackball ini juga sulit untuk di bersihkan. Namun beda dengan Nokia E7 yang dilengkapi dengan trackpad optical yang mudah dioperasikan.

Di koneksitas datanya, Nokia E72 terlihat hampir sempurna yang didukung Wi-Fi, Bluetooth, dan port Infrared. Sementara BlackBerry Tour mengusung fitur Bluetooth dengan A2DP tapi tidak memiliki Wi-Fi. Oh ya, Nokia E72 ini juga dilengkapi radio FM sementara pada BlackBerry Tour 9630 masih belum memilik fitur ini .

Di Segi kamera, Nokia E72 dilengkapi kamera 5 megapiksel dan kamera depan untuk video call. Sedang untuk BlackBerry Tour 9630 masih menggunakan kamera 3.2 megapiksel, agak mengecewakan memang tapi kamera ini juga dilengkapi dengan autofocus, video recording dan flash, dan begitu juga kamera pada Nokia E72. Selain itu E72 dan Tour 9630 memiliki built-in GPS, yang digunakan untuk bernavigasi termasuk geotagging foto yang diambil dengan ponsel itu. Namun Nokia telah menambahkan E72 dengan kompas elektronik untuk pengalaman navigasi yang lebih baik.

Mengikuti toko aplikasi iPhone yaitu itunes yang sukses, kedua perusahaan juga mulai terjun ke dalamnya. Nokia mengusung nama Ovi Store sementara Research in Motion merilis BlackBerry App World plus aplikasi baru BlackBerry Theme Studio bila Anda pengguna BlackBerry yang membuat BlackBerry Theme. Bila Anda atau kawan-kawan sekalian masih punya segelintir pertanyaan tentang kedua Smartphone ini, email saya di ytu88@hotmail.com

No comments:

Post a Comment