Monday, July 5, 2010

Apakah Smartphone = PDA phone?

Smartphone
Dengan semakin banyaknya produsen smartphone dan PDA phone yang bermunculan dewasa ini, maka para produsen-produsen tersebut pun terus berusaha untuk berlomba-lomba memasarkan produk mereka. Cara yang ditempuh pun berbeda-beda, ada yang bekerja sama dengan operator selular untuk membuat jaringan ekslusif agar dapat melakukan chat dan berkirim e-mail dengan mudah; ada juga yang menanamkan berbagai teknologi terkini seperti 3.5G agar dapat mengakses data di Internet ataupun berkirim e-mail dengan kecepatan tinggi.

Oleh sebab itu sekarang ini 3G phone sudah tidak asing lagi di pasar ponsel global. Sudah lebih dari setengah ponsel yang beredar sekarang ini dilengkapi dengan teknologi 3G. Begitu pula dengan fungsi GPS yang diintegrasikan dengan peta yang sudah menjadi aplikasi dasar dari sebuah smartphone dan PDA phone, dimana dengan aplikasi ini orang tidak dapat tersesat di manapun mereka berada. Pada dasarnya smartphone atau PDA phone merupakan suatu alat komunikasi atau telepon selular yang dilengkapi dengan organizer digital. Perangkat ini dapat juga berfungsi sebagai data organizer, e-mail client, web browser, pemutar musik, pemutar film, kamera digital, GPS, menyunting dokumen, dan fungsi lainnya.

Setelah berbicara banyak mengenai fungsi dan kemampuan yang tertanam pada smartphone dan PDA phone, apakah Anda dapat membedakan handset mana yang disebut dengan smartphone dan mana yang disebut sebagai PDA phone? Mungkin secara tidak disadari banyak dari kita yang sepertinya dapat membedakan kedua alat canggih tersebut tetapi sebenarnya kita masih tidak tahu dengan jelas perbedaan antara smartphone dan PDA phone, karena keduanya hampir mirip.
3G Phone
Mari kita mulai dengan PDA phone yang merupakan singkatan dari Personal Digital Assistant Phone merupakan pengembangan dari PDA yang bisa juga digunakan sebagai telepon. Pada awalnya PDA diciptakan menyerupai komputer tetapi berukuran kecil yang berfungsi sebagai organizer digital dan mudah dibawa ke mana-mana. Namun dalam pengembangan selanjutnya, fungsi telepon ditambahkan dalam PDA sehingga dikenal dengan nama PDA phone.

Sedangkan smartphone atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan ponsel pintar atau ponsel cerdas, merupakan pengembangan dari telepon seluler biasa yang kemudian ditambahkan dengan fitur dan fasilitas lainnya sehingga menjadi telepon yang cerdas. Contoh ponsel cerdas yang patut untuk dibanggakan adalah BlackBerry 9700.

Jadi pada dasarnya smartphone dan PDA phone hampir sama, hanya saja berasal dari sumber yang berbeda. Semoga informasi ini dapat berguna untuk Anda.

No comments:

Post a Comment